Tidak Lulus SNBP? Cek 5 Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Ini


Petanahan (29/03/2023). Siswa yang tidak lulus SNBP 2023 masih dapat mencoba berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta, mulai dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), sekolah kedinasan, jalur mandiri, hingga seleksi masuk kampus keagamaan.
Sementara itu, siswa yang lulus SNBP tidak boleh mengikuti UTBK SNBT dan otomatis terblokir bila tetap mendaftar.

Dikutip dari situs resminya masing-masing, berikut daftar jalur masuk perguruan tinggi yang bisa kamu coba.

Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
1. UTBK SNBT 2023
Siswa yang tidak lulus seleksi jalur SNBP 2023 diperkenankan ikut UTBK SNBT 2023. Pendaftaran SNBT masih dibuka hingga tanggal 14 April 2023.

Berbeda dengan SNBP, siswa peserta SNBT 2023 bisa memilih maksimal 2 prodi di 2 PTN yang berbeda di mana saja, tanpa ada batasan kesamaan domisili kampus dengan sekolah seperti di SNBP lalu.

2. Seleksi Mandiri PTN dan PTS
Jalur mandiri diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi memberlakukan uang pangkal, sumbangan pengembangan institusi (SPI), atau iuran pengembangan institusi (IPI) di samping Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru di awal perkuliahan.

Namun, ada beragam peluang beasiswa, bantuan pendidikan, dan keringanan biaya kuliah yang juga dibuka tiap kampus untuk mahasiswa jalur seleksi mandiri.

Sejumlah program seleksi mandiri antara lain yaitu jalur prestasi akademik, jalur prestasi nonakademik (seni, olahraga, keagamaan, dll), jalur kompetisi kampus, khusus 3T, khusus siswa SMK, khusus ekonomi tidak mampu, khusus kemitraan, khusus ketua dan pengurus OSIS, hingga khusus influencer.

Agar tidak ketinggalan beragam jenis jalur mandiri dan peluang bantuan pendidikan atau beasiswanya, ikuti akun media sosial dan situs resmi kampus-kampus incaranmu.

3. Seleksi Sekolah Kedinasan
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 dibuka mulai 1-30 April 2023 di 29 perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan kementerian dan lembaga pemerintah. Mahasiswa yang diterima dapat diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di kementerian atau lembaga terkait maupun lintas institusi pemerintah.

Di samping itu, sekolah kedinasan juga dikenal memiliki skema pembebasan biaya kuliah. Beberapa di antaranya juga menyediakan fasilitas asrama, uang saku, dan seragam.

4. UM-PTKIN 2023
Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023 dibuka mulai 10 April 2023 pukul 16.00 WIB.


UM-PTKIN merupakan seleksi calon mahasiswa baru untuk masuk kampus Islam negeri di Indonesia maupun perguruan tinggi non-PTKIN yang tergabung dalam jalur seleksi ini.

Seperti UTBK SNBT, peserta UM-PTKIN dapat berasal dari lulusan 2023, 2022, dan 2021. Bedanya, siswa bisa memilih 3 prodi di 59 pilihan kampus. Ujian juga dilaksanakan di salah satu kampus yang dipilih dari 3 prodi tersebut.

5. Selnas PMB PTKKN 2023
Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (Selnas PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) dibuka di 7 perguruan tinggi Kristen negeri.

Selnas PMB PTKKN 2023 terdiri dari jalur undangan berbasis kerja sama, jalur minat bakat berbasis portofolio, jalur ujian tulis online, dan selnas berbasis afirmasi putra-putri asli orang Papua (OAP).

Pendaftaran jalur minat bakat dibuka mulai 2-23 April 2023, jalur ujian tulis mulai 14 April-23 Mei 2023, dan jalur afirmasi OAP sedang berlangsung hingga 29 April 2023.

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 PETANAHAN