KELAS DIGITAL MARKETING, ALTERNATIF IMPLEMENTASI P5 DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN.




Petanahan (05/05/2023). Kegiatan P5 Hari ke tiga di SMA Negeri 1 Petanahan adalah pelatihan digital marketing dengan nara sumber Bapak Haris yang merupakan pekerja bisnis online sukses di wilayah Kebumen.


Digital Marketing sebagai upaya terobosan bisnis Dampak Pandemi Covid 19 ?


Adanya pandemi Covid-19 ini, sektor IKM terkena dampak langsung terutama para pelaku usaha industri kecil. Selama masa pandemi IKM menghadapi banyak tantangan. Tantangan yang dihadapi antara lain: permintaan pasar yang mengalami pernurunan, akses dan ketersediaan bahan baku yang terbatas, penurunan kapasitas produksi, atau kebutuhan modal untuk menggaji pegawai.  

 

Sejak pandemi Covid-19 pada Maret 2020, perekonomian Di wilayah Kebumen mengalami kelesuan. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku industri fashion dan kuliner berbasis UMKM di Kebumen. Banyak yang  terkena   imbas  wabah  Covid-19.   Sebagian  dari mereka terkena PHK, dirumahkan, maupun dikurangi jam dan hari kerjanya oleh perusahaan masing-masing

 

Hal ini terjadi karena para pelaku UMKM sebagian besar sangat mengandalkan interaksi  langsung   dalam  menjalankan usahanya. Agar tetap bertahan, para pelaku UMKM meningkatkan kemampuan ekspansi pasar, terobosan digital marketing, dan menambah mitra penjualan.  Para pelaku UMKM beramai-ramai pindah ke pemasaran online. 

 

          Bisnis online di wilayah Kabupaten Kebumen berkembang pesat sejak pandemi Covid 19 hingga sekarang. Potensi ini dapat digunakan untuk mengembangkan topik kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada tema kewirausahaan. Salah satu alternatif topik yang dapat dipilih adalah Program Kelas Digital Marketing. Topik ini cocok diimplementasikan di SMA N 1 Pteranahan. Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa sudah familier dengan yang namanya teknologi, sudah cukup umur untuk memenuhi syarat administratif yang dibutuhkan saat membuat akun di platform digital seperti NIK dan nomor rekening bank, dan kompetensi yang didapat dari program kelas digital marketing dapat langsung dipraktikkan. Selain itu, lulusan SMA juga tidak hanya dituntut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah) tetapi juga dapat Bekerja, Melanjutkan dan Berwirausaha (BMW).

 

          Ada beberapa projek yang dapat dilaksanakan di Program Kelas Digital Marketing antara lain berjualan di berbagai e-commerce, menjadi konten kreator, sosial media ads, hingga menjadi influencer atau afiliator.Berjualan di e-commerce menjadi tren saat ini. Banyak onlineshop besar yang melebarkan sayap ke berbagai e-commerce seperti shopee, lazada, tokopedia, bibli, dan tiktok. Belakangan, tiktok menjadi semakin ramai sebagai tempat jualan setelah sebelumnya hanya sebagai media sosial dan hiburan. Hal-hal yang dapat dipelajari dalam projek kelas digital marketing ini antara lain membuat akun jualan, setting toko, mengunggah produk yang baik dan menarik, optimasi toko melalui iklan, pembuatan voucher dan harga coret, menambah follower, menghitung omset dan laba, tata cara packing hingga pengiriman.

 

          Konten adalah sesuatu yang ingin diekspresikan melalui media. Content Creator merupakan sebutan bagi seseorang yang melahirkan berbagai materi konten baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten yang dibuat oleh para content creator itu biasanya dimuat di platform digital, seperti YouTube, Instagram dan TikTok. Sekarang ini, content creator merupakan pekerjaan yang paling dicari dalam sebuah bisnis digital seperti onlineshop.

 

Mereka membutuhkan konten untuk memasarkan produknya karena dengan konten. produk akan terlihat menarik di mata konsumen. Topik-topik yang dipilih oleh para content creator juga sangat beragam, mulai dari fashion, beauty, kuliner, sampai daily vlog. Konten yang manarik akan menaikkan followers, subscribers, AdSense, dan endorsement.

 

Menjadi content creator yang andal dibutuhkan kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam hal menulis, berbicara di depan kamera, mengambil foto, merekam gambar, maupun menyunting video. Tipe konten yang saat ini dibutuhkan dalam bisnis online web content creator, youtube creator, dan media creator. Web Content Creator adalah konten digital yang dibuat dalam bentuk blog atau artikel di suatu platform, karya tulisan juga dapat dipublikasikan di facebook atau twitter yang membahas spesifik suatu topic. YouTube Creator adalah content kreator yang berkarya dengan konten dalam bentuk video. Social Media Creator adalah konten kreator yang berkarya dalam bentuk video pendek atau gambar di suatu platform seperti TikTok dan Instagram.

 

          Social media advertising merupakan salah satu jenis dari iklan online atau online advertising. saat ini social media tidak hanya digunakan sebagai tempat bersosialisasi, namun juga dimanfaatkan sebagai tempat mempromosikan produk-produk bisnis. Social media yang ada saat ini tidak hanya menyediakan fitur yang bersahabat untuk bersosialisasi, tetapi juga mulai menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pemilik bisnis untuk berjualan. Beberapa media sosial yang saat ini menyediakan layanan Ads atau iklan ini yaitu Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, dll. Selain di sosial media, e-commerce seperti shopee, lazada, dan tokopedia juga menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan viabilitas produk.

 

Jika produk banyak dilihat makaada kemungkinan besar konsumen akan membeli. Memasang iklan di sosial media maupun e-commerce tidak asal, tetapi ada sistem cerdas yang dapat menganalisis penggunaanya yang disebut dengan algoritma. Kita harus tau algoritma tiap-tiap sosial media atau e-commerce agar iklan yang dipasang tidak boncos alias rugi. Selain itu kita harus memperhatikan jangkauan iklan, sasaran iklan, menyusun kata kunci, membangun trafik dan konversi.

 

          Pemasaran dalam bisnis online tidak sepenuhnya bergantung pada iklan. Saat ini, orang menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk menghasilkan uang lewat bisnis online meskipun tidak memiliki barang dan jasa yang dijual. Menjadi afiliator memang memiliki potensi yang bagus mengingat sekarang ini sudah masuk di era digital. Salah satu keuntungan menjadi afiliator adalah mendapatkan penghasilan pasif hanya dengan memasang iklan di media sosial yang dimiliki. Pekerjaannya hanya rutin dan konsisten membuat promosi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Untuk menjadi afiliator yang sukses maka seorang afiliator harus bisa membuat review produk yang bagus, membuat konten yang menarik, memahami keberadaan target market, memapu memage sosial media, serta produktif dalam memproduksi konten.

 

Akhirnya, dengan ”KELAS DIGITAL MARKETING, ALTERNATIF IMPLEMENTASI P5 DI SMA NEGERI 1 PETANAHAN”, kedepan diharapkan para lulusan SMA Negeri 1 Petanahan tidak hanya di arahkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (kuliah) tetapi juga mampu berdikari secara mandiri melalui bisnis online maupun sebagai Content Creator.


Penulis : H. Sakijo (Guru BeKa Smansata)

Foto Kegiatan bisa dilihat di Galeri.

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 PETANAHAN