Apa kegiatan yang biasa dilakukan di akhir semester ganjil? Benar sekali! Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS).
Penilaian sUMATIF Akhir Semester (PsAS) adalah penilaian yang dilakukan pada akhir semester ganjil. Penilaian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama satu semester.
Lantas, bagaimana pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) ini? Yuk, simak pembahasan mengenai PSAS berikut ini, mulai dari pengertian, tujuan, pelaksanaan, hingga tips menghadapi PSAS untuk siswa yang bisa Bapak dan Ibu guru berikan pada siswa.
Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh setiap sekolah pada akhir semester ganjil. Kegiatan penilaian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama satu semester.
Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS). ini dulunya dikenal dengan istilah Ujian Akhir Semester. Cakupan penilaiannya meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar pada semester tersebut.
Berbeda dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT), hasil PSAS tidak digunakan untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan siswa. Meskipun demikian, hasil PSAS tetap menjadi tolak ukur ketuntasan belajar siswa.
PSAS I SMA Negeri 1 Petanahan dilaksanakan di pada akhir semester ganjil, yakni tanggal 28 November 2024 s.d 10 Desember 2024 pukul 07.30 s.s 11.30 WIB. Mata pelajaran yang diujikan meliputi semua mata pelajaran dengan materi yang sudah dipelajari siswa selama semester ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025.
Tujuan utama Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS). adalah mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa selama satu semester.
Melalui penilaian ini guru dapat menilai dan mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, serta mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan selama satu semester.
Jika hasil penilaian ternyata kurang memuaskan, guru dan siswa dapat melakukan perbaikan. Misalnya, perbaikan dari cara menyampaikan pembelajaran.
Melalui PSAS, guru juga bisa melakukan evaluasi terhadap program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pembelajaran yang berkesinambungan.
Lebih lanjut, hasil PSAS dapat dimanfaatkan untuk menentukan ketuntasan belajar siswa dan pengisian rapor siswa sebagai laporan kepada orang tua siswa mengenai pembelajaran anaknya selama semester ganjil.
Berikut adalah langkah-langkah pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) secara garis besar.
Pelaksanaan SPAS I Tahun Pelajaran 2024/2025 dilakukan oleh sekolah secara bersama-sama untuk seluruh mata pelajaran di akhir semester I (Ganjil). Untuk pedoman Guru dan Siswa, Jadwal dapat diunduh di unggahan : https://www.sman1petanahan.sch.id/download
Setelah mendapatkan jadwal pelaksanaan PAS, guru di sekolah mulai mempersiapkan administrasi PAS yang meliputi panduan penilaian akhir semester I (Ganjil), laporan penilaian akhir semester, kisi-kisi soal untuk siswa, dan soal-soal yang akan diujikan pada PSAS secara Online.
Soal-soal PSAS biasanya dibuat sendiri oleh guru pengampu mata pelajaran dengan menyesuaikannya pada materi yang telah diajarkan kepada siswa. Soal dapat berbentuk tes tertulis, lisan, maupun perbuatan. Tes tertulis dapat berbentuk soal pilihan ganda, isian, dan uraian.
Sementara untuk mata pelajaran yang diujikan meliputi semua mata pelajaran. Mulai dari Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, hingga Muatan Lokal.
Setelah siswa selesai melaksanakan PSAS, selanjutnya guru akan mengolah dan menganalisis hasil PAS.
Adapun cakupan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) meliputi semua indikator yang merepresentasikan seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut. Hasil PSAS ini dapat digunakan untuk menentukan ketuntasan siswa dalam belajar.
Pada Kurikulum Merdeka, ketuntasan belajar siswa dilihat berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang terdiri dari deskripsi kriteria, rubrik performa, interval nilai, interval nilai yang diolah dari rubrik, dan memperhatikan kompetensi yang ada dalam tujuan pembelajaran.
Siswa yang belum tuntas harus mengikuti perbaikan atau remedial, sedangkan siswa yang dinyatakan tuntas dalam mencapai KD di semester ganjil biasanya disarankan untuk mempertahankan atau meningkatkan nilainya agar tidak turun pada semester berikutnya.
Hasil PAS yang sudah diolah dan dianalisis guru selanjutnya akan diinformasikan kepada siswa dan orang tuanya dalam bentuk laporan penilaian hasil belajar (rapor). Hasil penilaian ini diinformasikan paling cepat satu minggu setelah pelaksanaan PSAS.
Mendapatkan nilai PSAS yang sempurna tentu menjadi impian banyak siswa. Agar impian tersebut dapat tercapai, Bapak dan Ibu guru bisa memberikan siswa tips menghadapi Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) berikut ini.
Kebanyakan siswa mungkin baru mulai mempersiapkan diri ketika sudah mendekati waktu pelaksanaan PSAS. Padahal, cara ini akan membuat mereka kesulitan karena materi yang dipelajari tentu akan sangat banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Bapak dan Ibu guru menyarankan siswa untuk mulai melakukan persiapan lebih awal.
Hal ini akan memberikan siswa cukup waktu untuk meninjau semua materi yang telah dipelajari selama semester ganjil. Dengan begitu, siswa lebih siap untuk menghadapi PSAS dan bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.
Tips menghadapi Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) yang bisa Bapak dan Ibu guru berikan kepada siswa berikutnya adalah latihan mengerjakan soal-soal ujian yang lama.
Latihan mengerjakan soal-soal ujian lama akan membuat siswa terbiasa dengan format dan struktur pertanyaan. Siswa juga bisa mengukur waktu yang dibutuhkannya untuk mengerjakan satu soal.
Sebagian siswa ada yang mudah merasa bosan ketika belajar sendiri. Untuk tipe siswa yang seperti ini, Bapak dan Ibu guru bisa menyarankan mereka untuk membuat kelompok belajar persiapan PSAS.
Selain dapat mengatasi rasa bosan karena belajar sendiri, belajar kelompok juga dapat membuat siswa saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Siswa juga bisa berdiskusi mengenai latihan soal PAS dan pembahasannya bersama teman-teman.
Namun, kegiatan belajar kelompok ini harus dilakukan dengan serius dan disiplin. Pasalnya, sering kali kegiatan belajar ini membuat siswa tidak fokus belajar dan justru main bersama teman.
Bapak dan Ibu guru juga bisa memberikan siswa kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum PSAS dilaksanakan. Sebab, tidak semua siswa bisa langsung paham saat menerima materi yang diajarkan.
Sebagian siswa mungkin membutuhkan beberapa kali penjelasan agar benar-benar memahami materi pelajaran dan konsep secara maksimal.
Demikian pembahasan mengenai Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS), mulai dari pengertian, tujuan, pelaksanaan, hingga tips yang bisa diberikan kepada siswa saat menghadapi PSAS.
Sumber : dari berbagai sumber internet.
Penulis : H. Sakijo, S.Pd.